Selasa, 05 November 2013

Publik Speaking, Menyenangkan atau Menakutkan ???..........

sering kali kita berfikir bahwa ketika berbicara didepan public atau contoh gampangnya ketika kita mungkin diberi tugas oleh dosen untuk presentasi didepan kelas, maka yang terfikir dikepala kita adalah tugas itu sangat menakutkan lebih-lebih untuk orang yang pertama kali melakukan kegiatan ini, sebenarnya hal ini memang wajar-wajar saja apalagi untuk orang yang baru pertama kali melakukannya biasanya gejala pertama yang dirasakan oleh seorang pembicara awal dia akan mengalami tekanan emosi yang sangat hebat bisa berkeringat tidak seperti biasanya, tiba-tiba ruangan terasa sangat panas, jari bergemetar,pikiran tidak fokus, sering mengulang-ulang pembicaraan dan lain-lain.

namun disisi yang lain ada sebagian orang yang sebenarnya merasa enjoy dan menganggap pekerjaan ini sangat menyenangkan dan bahkan mungkin ada sebagian orang yang ketagihan, karena ketika seseorang mengetahui akan manfaat dari Public Speaking ia dengan sendirinya akan mengalami aditif (kecanduan) sehingga menyebabkan dia ingin dan ingin selalu untuk tampil didepan public.
 
nah bagaimana bagi anda yang tidak atau kurang merasa percaya diri! mungkin sebenarnya hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengevaluasi diri anda termasuk dalam kategori orang yang bagaimana? tentu saja ini hanya anda yang dapat mengetahuinya.

namun bagaimana kita dapat menghilangkan rasa ketidak percayaan diri dan rasa gugup ketika presentasi? mungkin anda sebelum melakukan presentasi anda harus melatihnya jauh-jauh hari, lalu usahakan anda menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan santai, pakaian juga harus anda perhatikan karena ketika anda melakukan presentasi didepan umum, akan ada banyak mata yang mengawasi setiap langkah dan gerak anda sehingga anda tidak salah tingkah ketika orang lain menatap kearah anda yang menimbulkan rasa was-was dan berbagai pertanyaan yang sebenarnya anda sendiri yang khawatir terhadap anda sendiri.

lalu hal yang sangat penting untuk anda  ketahui sebenarnya ketika anda presentasi orang yang anda hadapi tidak memikirkan anda, melainkan apa yang anda sampaikan jadi anda harus menanamkan rasa percaya diri dan ucapkan "TERSERAH ORANG MAU BERFIKIR APA TENTANG SAYA!".
 

0 komentar :

Posting Komentar