Kamis, 16 Januari 2014

KIAT MUDAH BELAJAR MEMBUAT APLIKASI WINDOWS PHONE MENGGUNAKAN WINDOWS APP STUDIO BETA


Disini saya akan berbagi mengenai awal mula saya belajar membuat aplikasi windows phone dengan menggunakan tool gratis dari Microsoft, oleh karena itu artikel ini saya sarankan hanya untuk pemula saja yang secara khusus masih belum pernah bersentuhan secara langsung dengan teknik pemrograman baik secara teoritis maupun praktis, layanan aplikasi ini saya dapatkan secara tidak sengaja ketika mencari artikel dan e-book mengenai windows phone layanan atau tools ini bersifat online jadi syaratnya teman-teman hanya bisa meggunakan layanan ini jika ada koneksi dengan internet dan harus mempunyai akun microsoft baik outlock, live maupun hotmail yang nantinya akan digunakan untuk login. ok langsung aja..... pertama kalian buka halaman ini http://apps.windowsstore.com, jika kalian belum punya akun untuk layanan ini kalian harus mendaftar terlebih dahulu baru setelah terdaftar kalian bisa login, lalu pada tampilan awal kalian klik “Start Building” jika kalian sudah login maka kalian akan langsung dibawa pada halaman projek “Welcome to Windows Phone App Studio” tapi jika belum kalian harus login terlebih dahulu ingat gunakan Microsoft Account .
karena kalian sudah tidak sabar untuk menggunakan layanan ini maka kalian harus mengisi Invitation Code terlebih dahulu, caranya kalian harus merequest dengan mengirim email ke studio@microsoft.com dan kalian akan diberi sebuah kode untuk bisa melanjutkan regustrasi.
Oke kita anggap kalian sudah mendapatkan Invitation kode dan sudah menyelesaikan registrasi maka kita kembali ke http://apps.windowsstore.com/default.htm klik “Start Building” kemudian masuk dengan email dan password kalian masing-masing sehingga kalian dibawa ketampilan utama App Studio Beta.
Sama halnya dengan di Visual Studio disini kalian bisa memilih untuk membuat project dengan tampa menggunakan template alias tampilan kosong, maka klik “Create an Empty app” sehingga kita bisa menentukan sendiri desain dari tampilan sesuai dengan selera masing-masing atau kalian bisa klik “Create an app from a template” tempale sudah tersedia jadi kita bisa menyesuaikan dan mengganti konten yang sudah ada, template yang disediakan antara lain Catalog, Movie, Menu dll. Contoh disini kita klik Movie maka tampilannya sbb:
Sama halnya seperti membuat akun di facebook kalian bisa memulainya dengan memberi judul, mengganti icon, membuat narasi, menampilkan gambar dll, untuk melihat kreasi kita pilih emulator preview maka tampilannya akan bisa langsung kita lihat. Selanjutnya klik “configure app content” maka akan tampil sebagai berikut. 
Untuk mengganti setiap bagian maka kalian klik “edit selection” lalu pilih bagian yang ingin kita ganti misal “Selection Pages” setelah selesai klik “save changes”. Sebenarnya pada bagian “Configure App Content”  kita hanya bisa mengganti konten saja sesuai dengan selera, pada bagian berikutnya kita menuju “Configure App Style” disini kita diberi kemudahan untuk mengganti style apps. Jika kalian sudah merasa cukup maka kalian cukup tekan debug maka dalam beberapa hari kedepan akan ada pemberi tahuan bahwa aplikasi kita sudah bisa di download untuk digunakan atau di publish di store.

0 komentar :

Posting Komentar