Senin, 07 Desember 2015

Tugas Administrasi Bekerja dengan Pivot Table di Exel (2007-2010)

Pivot Table merupakan salah satu tools yang diberikan oleh Exel untuk memudahkan seseorang dalam bekerja dan mengelola tumpukan data digital, hal ini sangat penting dalam rangka untuk lebih menyederhanakan pengelolaan data tanpa harus berkutat dengan tumpukan data digital mungkin bagi kalian yang masih awam mengenai penggunaan tools ini akan sedikit pusing bagaimana cara mengiplemntasikan Pivot untuk menyelesaikan data digital terutama bagi kalian yang akan mengikuti tes kerja untuk posisi Administrasi atau mungkin bagi kalian yang akan mengikuti ujian akan sedikit bertanya-tanya.

Exel sendiri telah menghadirkan kemudahannya terutama ketika kita akan mengelola tumpukan data baik data stock barang, penjualan dll yang jelas kegunaan dan fungsi Pivot itu sediri sangatlah banyak tergantung kebutuhan perusahaan mau menggunakannya karena di dunia kerja perusahaan mempunyai standart industri sendiri.

disini saya akan sedikit berbagi dengan kalian bagaimana mengelola data dengan menggunakan Pivot, dimana pivot itu sendiri lebih mirip dengan sistem Index dan sorting (setidaknya ini yang saya tangkap) sehingga pengelola data cukup mengambil beberapa nama sesuai dengan type dan kategory sehingga ketika kita akan melihat misalnya penjualan barang di sebuah Toko A maka cukup dengan mengklik kategory toko dan mengambil data yang ingin ditampilkan. ok biar tidak tambah pusing mari kita coba langsung. disini saya akan menggunakan data bernama transaksi.xlsx


sebagaimana pada screenshot pada gambar diatas nampakterlihat berbagai nama barang, di banyak toko, dengan banyak kategori barang, dimana dimasing-masing toko mempunyai jumlah ketersedian yang tidak sama, jumlah penjualan perperiode yang tidak sama dengan jumlah perdapatan yang tidak sama pula, oleh karena itu maka dalam memudahkan pengelolaan dan perhitungan jumlah transaksi penjualan barang dalam periode berjalan tentu saja dibutuhkan sistem perhitungan yang praktis dan tanpa harus melakukan sorting data toko dan barang terlebih dahulu. pertama mari kita masuk pada contoh yang sudah di perlihatkan diatas.
pertama block semua data barang dari kolom pertama hingga baris terakhir dan baris pertama hingga baris terakhir, atau untuk memudahkan cukup klik salah satu kolom sehingga bagian tersebut dikenali/terdifinisi lalu kemudian tekan tombol Ctrl + Shift + *.
2. setelah semua data terblock maka langkah selanjutnya adalah dengan mencari menu Insert pada Tab Acces Ribbon.
3. lalu selanjutnya adalah dengan mengklik menu Pivot Table pada menu Table Pilih Pivot Table. langkah selanjutnya adalah setelah muncul jendela "Create PivotTable" pilih New Worksheet dan klik Ok. seperti gambar berikut.
4. setelah muncul Lembar kerja baru seperti gambar berikut maka langkah selanjutnya adalah dengan mengatur tampilan pada bagian Field List Pivot Table. kalau kita perhatikan maka akan muncul 4 kotak dengan mempunyai fungsi dan kegunaan yang berbeda yaitu:
    - Report Filter pada kotak ini digunakan untuk melakukan filter untuk mempengaruhi hasil data pada Pivot Table.
    - Column Labels pada bagian ini data dari field akan ditempatkan pada bagian kolom sesuai urutan.
    - Row Labels isi data dari field akan ditempatkan pada bagian baris sesuai urutan.
    - Values adalah nilai field yang terdapat pada kotak ini akan ditampilkan sebagai perhitungan Summary dari count, sum, average dan lain-lain sesuai dengan kebutuhan.
pada bagian keempat Field tersebut Drag/seret bagian field dari data yang kita olah yang ada pada pada bagian "Choose Fields to Add to Report".
kemudian susunlah bagian field list tersebut seperti berikut:
    - Field nama_kategori ditempatkan pada kotak Column Labels.
    - Field nama_cabang ditempatkan pada kotak Row Labels.
    - Field jumlah_unit ditempatkan pada kotak Values.


0 komentar :

Posting Komentar